AJI Malang Juga Ikut Memperingati Hari Buruh Internasional

By Dj 01 Mei 2016, 16:53:43 WIBBerita

AJI Malang Juga Ikut Memperingati Hari Buruh Internasional

MALANGKOTANEWS AJI Malang turut bergabung bersama organisasi buruh dan mahasiswa melalui Aliansi Rakyat Malang Bersatu ketika melakukan aksi memperingati Hari Buruh Internasional di Car Free Day Jl. Ijen Malang, Minggu 01/05, Dalam orasinya, salah satu anggota AJI Malang, Miski menyatakan, buruh media juga bernasib sama dengan buruh dari sektor lainnya. "Masih bnayak jurnalsi diupah di bawah UMK, tidak mendapat jaminan sosial dan sulit membentuk serikat pekerja," kata jurnalis media online nasional ini.

Masih adanya jurnalis yang tidak dibayar sesuai UMK, tidak diberi jaminan sosial, tunjangan minim, dan persoalan status ketenagakerjaan yang masih bermasalah terutama jurnalis yang menjadi kontributor menjadi sorotan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang dalam peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2016 kali ini, Ketua AJI Malang, Hari Istiawan, menyatakan, dengan dalih sebagai pekerja profesional, pekerja media kerap tidak mendapatkan haknya. Untuk itu, AJI Malang menyerukan agar pekerja media mengorganisir diri dalam bentuk serikat. 

Sementara itu, berdasarkan hasil survei yang dilakukan AJI tahun 2015 menunjukan dari 2.300 perusahaan media hanya ada 24 serikat pekerja yang aktif. "Minimnya serikat pekerja di sektor industri media membuat banyak jurnalis tidak bisa apa-apa dan hanya menerima kondisi itu," kata Hari.

Menurut Hari Istiawan, pemilik media sering menggunakan dalih pekerja media melayani masyarakat sembari memeras keringat demi laba. Pekerja media kerap bekerja lebih dari 8 jam tanpa mendapat uang lembur. Padahal, pasal 78 ayat 2 UU Tenaga Kerja mewajibkan pengusaha, wajib membayar upah lembur, "Selain dalih profesionalisme, pekerja media juga tidak mendapatkan hak karena munculnya hubungan kerja Kemitraan," ujarnya.

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • replica watches

    Chemical Laboratory - Developing various types of http://www.replicaonlines.me.uk ...

    View Article
  • replica watches uk

    Everyone familiar with Rolex knows that they have a wide range of ...

    View Article
  • replica watches uk

    And almost all of http://www.replicawatchesshop.co.uk Rolex watchmaking materials are ...

    View Article
  • replica watches

    Monitoring Laboratory - To http://www.replicawatchesshop.co.uk observe the effect of ...

    View Article