Kapolres Malang Kota Pimpin SIspamkota 2018

By Galih Muhammad Hamdan 02 Feb 2018, 12:59:11 WIBBerita

Kapolres Malang Kota Pimpin SIspamkota 2018

MalangKotaNews - Antisipasi kerawanan kericuhan saat pelaksanaan Pilkada 2018 dilakukan satuan pengamanan gabungan di Kota Malang. Polres Malang Kota (Makota) menggelar simulasi pengamanan Pilkada di jalan Simpang Balapan dan Jalan Besar Ijen, Kamis (1/2/2018). Simulasi pengamanan itu sangat dramatis dan mencekam.

Sebanyak 1141 anggota dikerahkan dalam simulasi tersebut. Terdiri dari 616 anggota Polri, 525 anggota TNI, Satpol PP dan masyarakat yang dilibatkan.

Simulasi tersebut menerapkan kondisi pengamanan penyaluran logistik pemilu, pencoblosan surat suara, pengumuman hasil pencoblosan, penetapan hasil pencoblosan, pembebasan sandera, dan penanggulangan rusuh massa.

Dua orang pelaku yang diduga ingin menggagalkan jalannya Pilkada, melakukan penghadangan mobil logistik KPUD. Mereka memasang paku di sepanjang jalan tersebut. Yang mengakibatkan ban mobil KPU yang sedianya ingin mengatar logistik kertas surat suara menjadi gembos. Kala momen itulah, kedua pelaku langsung melakukan perampasan logistik.

Beruntung aparat Kepolsian telah siaga. Mereka berhasil mengamankan kedua pelaku tersebut ke Polsek terdekat.

Kejadian tak hanya berhenti di situ. Dimasa kampanye, juga ada dua orang provokator. Saat kampanye, mereka mengolok ngolok salah satu paslon. Akhirnya dua pelaku diamankan.

Aksi dramatis lainnya masih berlanjut. Pada bagian lain saat pencoblosan, sempat terjadi kekisruhan. Sebab, ada pemilih menggunakan dua kali pencoblosan dan hal itu diketahui saksi di TPS.

Dan yang paling menegangkan, saat pengumuman hasil Pilkada, ratusan massa melakukan aksi demo. Mereka menuntut pemilihan ulang. Massa yang merasa tidak puas jagonya kalah, akhirnya ricuh dan menjadi beringas.

Mereka melakukan aksi demo, tak hanya itu, massa juga melakukan penjarahan di beberapa toko, salah satunya toko elektronik yang menjadi sasaran jarahan massa. Selain itu, massa juga menyandera salah satu petugas KPUD, beruntung petugas telah siaga.

Aparat Polres Malang Kota, bersama anggota Brimob Detasemen B Pelopor, Ampeldento langsung melakukan pembebasan. Tiga orang dilumpuhkan dengan timah panas petugas.

Rangkaian kejadian ini ditampilkan dengan Apik, seluruh personel yang terlibat memperagakan aksi seperti kondisi nyata. Bagaimana mengurai massa. Melepaskan sandera dengan tembak-tembakan dan sebagainya.

“Simulasi tersebut menggambarkan kondisi saat terjadi kericuhan saat pelaksaan pemilu,” kata Kabag Ops Polres Malang Kota, Kompol Dodot Dwianto.

Sementara itu, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, menegaskan, apapun kondisinya yang terjadi tetap diantisipasi, pasalnya gangguan kamtibmas itu kan ada yang direncanakan ada yang tidak.

“Untuk menjaga itu juga harus bersinergi dengan melakukan patroli bersama antara jajaran Polsek dan TNI. Kami berharap pelaksaan Pilkada 2018 bisa berjalan lancar,” tegas AKBP Asfuri.

Dalam simulasi yang dimulai sejak pukul 8.30 wib hingga pukul 10.30 wib itu, dihadiri sejumlah pejabat dari KPU, Pemkot Malang, DPRD Kota Malang, Kodim
0833/Kota Malang serta kelompok masyarakat.

” Skenario simulasi yang kami gelar kaitanya dengan Pilkada. Seperti yang tadi kita lihat, sejumlah petugas datang ke lokasi untuk mengamankan situasi yang ricuh. Sejumlah personel juga membawa anjing pelacak. Kondisi lantas berangsur normal saat petugas datang,” tandasnya.

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • penyanyi wanita Indonesia

    wah, bakalan saya sharing nih, berguna banget infonya, terima kasih ...

    View Article
  • sports captions

    This is truly a decent and useful, containing all data furthermore greatly affects ...

    View Article
  • sfnSledo

    discount cialis <a href="http://www.ciallisonline.com/#">what is ...

    View Article
  • sfnSledo

    what is tadalafil <a href="http://www.ciallisonline.com/#">cialis ...

    View Article