Polres Malang Kota ringkus pelaku Investasi abal-abal

By Dj 08 Sep 2017, 16:25:36 WIBPress Release

Polres Malang Kota ringkus pelaku Investasi abal-abal

Malangkotanews - Jumat (8/98/2017) Kapolres Malang Kota AKBP Hoiruddin Hasibuan telah meringkus Muhammad Syaiful Arif (31) karena telah melakukan penipuan online, dengan pasal sangkaan pasal 45  A (1) UU RI No 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan UU No 11 Th 2008 tentang ITE "ancaman kurungan penjara enam tahun"

Kapolres Malang Kota AKBP Hoiruddin Hasibuan mengatakan kalau aksi yang dilakukan Syaiful tidak dilakukan sendiri. Diperkirakan pelaku lebih dari dua orang. Aksi itu sendiri sudah dilakukan sejak 2014, Modusnya, Syaiful menggunakan akun Facebook atas nama Sari Dewi. Kemudian akun itu mengunggah informasi soal investasi yang keuntungannya sebanyak 10 kali lipat di grup Facebook bernama Aneka Bisnis Kota Malang.

Rupanya "Iming-iming itu membuat  orang tertarik dan berikutnya korban menghubungi akun yang juga abal-abal tersebut," kata Hoiruddin, Jumat (8/9/2017).

Oleh Syaiful para korban diarahkan untuk menghubungi WhatsApp dengan nomor berbeda-beda dan diperintahkan untuk mentranfer sejumlah uang ke rekening yang berbeda beda. Tak hanya itu, para korban juga  diperintahkan untuk menerima uang dari rekening korban lainnya. 

Ujung-ujungnya, uang yang diterima itu berakhir di nomor rekening Syaiful dan pelaku lainnya. Syaiful menjanjikan uang cair dalam waktu tiga bulan sekali selain itu pelaku memperkenalkan diri sebagai pengusaha. 

"Para korban terpaksa menuruti kemauan tersangka karena mengaharapkan pencairan dana yang berlipat. Namun  ketika ditagih tersangka malah memblokir WA para korban dan tidak membayar sesuai kesepakatan," lanjut Hoiruddin.

Atas ungkap itu dari tangan Syaiful, polisi mengamankan satu unit laptop merk ASUS warna hitam, tiga buah HP jenis Samsung S8, Samsung J2 Prime dan Samsung Z1, empat token Bank BCA dan satu token Bank Mandiri, uang tunai Rp 2 juta dan satu mobil Honda Jazz warna putih nopol  L 1410 XA.

"Kami tengah mengembangkan kasus untuk menangkap pelaku lainnya," ujar Hoiruddin.

Turut mendampingi Kasubbaghumas menghimbau, kejadian ini sudah kesekian kali, harapan kami masyarakat juga cerdas bisa memepertimbangkan ketika hendak bisnis, apalagi dengan keuntungan berlipat ganda harus dipertimbangkan secara matang, tekan Marhaeni.

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Sewa Kantor Jakarta Selatan 10 Okt 2017, 11:50:36 WIB

    Yang seperti ini memang harus ditindak tegas karena sangat merugikan investor terutama yang ingin investasi di bidang properti atau yang mau bangun kantor/sewa kantor.

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • replica watches

    Chemical Laboratory - Developing various types of http://www.replicaonlines.me.uk ...

    View Article
  • replica watches uk

    Everyone familiar with Rolex knows that they have a wide range of ...

    View Article
  • replica watches uk

    And almost all of http://www.replicawatchesshop.co.uk Rolex watchmaking materials are ...

    View Article
  • replica watches

    Monitoring Laboratory - To http://www.replicawatchesshop.co.uk observe the effect of ...

    View Article